Minggu, 10 Mei 2020

Kesimpulan

Perusahaan Foodmart ini sebenarnya merupakan supermarket yang mengarah kepada konsumen menengah keatas maka tak jarang harga dari supermarket ini terbilang lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan mini market.
Maka tidak jarang ada saja konsumen yang membandingkan dengan tempat lain, karena harga nya lebih mahal selain itu supermarket ini berada di tengah kota jadi tidak kesulitan juga untuk mencari nya.


“Kualitas Layanan Ritel” Foodmart
1. Tangibles
Tangibles yaitu meliputi fasilitas fisik, perlengkapan, pegawai dan sarana komunikasi.
Foodmart dalam mengatur penampilan yang terlihat oleh mata, seperti penempatan barang, design tata ruang, fasilitas penunjang, dan pegawainya, dilakukan dengan baik. Produk-produk ditempatkan dan disesuaikan menurut jenis-jenis dari barang itu sendiri, untuk mempermudah konsumen mencari kebutuhan yang diperlukan. Perlengkapan yang digunakan-pun diletakkan sesuai dengan kepentingan masing-masing. Dan seluruh pegawai mengenakan pakaian seragam, yang memperlihatkan identitas sebagai pegawai, selain itu pegawai melakukan standar pelayanan yang telah diterapkan oleh Foodmart Dan tersedianya lapangan parkir yang cukup memadai untuk para konsumen yang membawa kendaraaan.

2. Understanding and Knowing Customers
Memahami dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Dalam penerapannya Foodmart  memberikan pelayanan yang standar seperti kebanyakan perusahaan ritel lainnya dalam melayani pelanggan yang datang berkunjung. Memahami kebutuhan konsumen ketika konsumen membutuhkan suatu produk, dan memberikan perhatian kepada konsumen dengan cara melayani apa yang dibutuhkan oleh konsumen dengan menemukan apa yang dibutuhkan oleh konsumen tersebut.

3. Security
Setiap perusahaan Retail memperhatikan keamanan untuk menjamin tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Pada Foodmart  pun sama halnya, untuk meningkatkan keamanan sebagai penunjang bagi kenyamanan konsumen dalam proses pembelian, menerapkan system keamanan seperti Satpam, dan Alarm yang dibunyikan ketika terjadinya gangguan. System keamanan yang digunakan Foodmart  cukup memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para konsumen. 

4. Credibility
            Foodmart  memiliki reputasi yang cukup baik untuk suatu usaha Retail yang digeluti. Reputasi yang terlihat seperti menyediakan produk-produk yang berkualitas, dan lengkap. Selain itu, pegawai-pegawainya dapat dipercaya, yang dimana pegawai-pegawai tersebut sudah diberikan pengarahan dan deskripsi pekerjaan yang jelas. 

5. Information Provided to Customers
            Konsumen mnginginkan informasi yang jelas untuk setiap transaksi yang dilakukannya. Dalam prakteknya Foodmart  memberikan informasi yang cukup jelas mengenai biaya akan suatu produk, yang di tempel / dicantumkan pada suatu produk tersebut, dengan menggunakan Barcode yang telah di buat oleh pihak Foodmart. Foodmart  pun, menginformasikan pengiriman barang yang membutuhkan jasa pengiriman pihak Foodmart , dengan menghubungi Konsumen secara detail tentang pengiriman barang tersebut.

6. Courtesy
            Dalam melayani konsumen, pelayanan yang diberikan oleh para pegawai Foodmart  cukup sopan, seperti menyapa, memberikan senyuman ramah kepada konsumen, serta menghormati konsumen. Para pegawai melakukan apa yang seharusnya dilakukan demi kepentingan konsumen.

7. Access
            Pengoperasian usaha retail Foodmart , dilakukan dengan tepat waktu. Jadwal pembukaan serta penutupan Toko sesuai yang dijadwalkan. Foodmart  melayani konsumen dengan cukup baik, tidak membuang-buang waktu yang ada. Dan jika terjadi keluhan dari pihak konsumen, konsumen dapat menginformasikannya kebagian yang diperuntukan untuk hal tersebut. Pengaksesan yang diberlakukan oleh Foodmart  dilakukan sesuai prosedur yang ada.

8. Competence
            Pegawai Foodmart  dalam melakukan tugasnya terlihat cukup berkopetensi di bidangnya masing-masing. Ketika konsumen bertanya berbagai hal, beberapa pegawai yang memang ahli dan menguasai pekerjaannya, dengan cepat dan tanggap dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh konsumen. Selain itu, pegawai-pegawai tersebut memiliki pengetahuan cukup dan terampil dalam melakukan tugasnya.

9. Responsiveness
Responsiveness yaitu keinginan para staf untuk membantu para konsumen dan memberikan pelayanan dengan tanggap. Mengenai Aspek yang satu ini, kebanyakan dari pegawai sudah melakukan pekerjaan dengan cukup baik, dengan memberikan pelayanan yang cepat, dan cepat menanggapi kebutuhan pelanggan. Hanya saja, pelayanan yang dibutuhkan oleh masing-masing konsumen berbeda-beda, sehingga menimbulkan perbedaan tanggapan. Pegawai-pegawai tersebut ada yang langsung tanggap dengan keadaan, dan ada juga yang belum tanggap dalam melayani kebutuhan konsumen, contohnya seperti terlalu lama membuat konsumen menunggu. 

10. Reliability
Kemampuan memberikan layanan yang dijanjikan dengan segera, akurat, dan memuaskan. Dalam hal ini Foodmart , menjanjikan berbagai macam pelayanan yang memudahkan konsumen dalam menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Seperti produk-produk yang lengkap, sayur-sayuran dan buah-buahan segar, serta berbagai pelayanan yang mampu memuaskan para konsumen yang berkunjung. Semua itu jika di evaluasi kembali masih kurang memuaskan, karna ada beberapa yang belum akurat seperti antrian yang membuat konsumen lama menunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama Kelompok

Perusahaan Retail Foodmart PT. Matahari Putra Prima Tbk Samarinda Disusun Oleh : Dinda Renata Syah Putri ...